Blogger Widgets

me gif

me gif
me gif

22 Des 2015

YG BILANG MERAYAKAN MAULID HARAM BACA TULISAN INI YA

YG BILANG MERAYAKAN MAULID HARAM BACA 
TULISAN INI YA
Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw.
Merayakan Maulid Nabi Muhammad saw adalah diantara bid'ah hasanah yg disampaikan Rasulullah didalam haditsnya: siapa yg membuat didalam islam sunnah hasanah lalu generasi berikut mengerjakannya, Allah menulis baginya pahala seperti orang yg mengerjakannya, tidak dikurangi sedikitpun dari pahala mereka. (hadits riwayat Muslim)
Ada banyak dalil yg menunjukkan di syariatkan nya Maulid Nabi:
1. Firman Allah swt: katakanlah oleh engkau Muhammad dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, karena itu maka bergembiralah... ( Yunus / 58)
Ibnu Abbas RA berkata: maksud karunia Allah adalah: Ilmu.
Maksud rahmat Nya adalah: Muhammad saw.
Allah berfirman : dan aku tidak mengutus engkau wahai Muhammad kecuali menjadi rahmat bagi sekalian alam ( Al anbiya': 106.
Adapun memperingati Maulid Nabi SAW adalah satu bentuk diantara bermacam ragam bentuk kegembiraan yg di perintahkan.
2. Firman Allah: Dan ingatkanlah mereka dengan hari-hari allah ( Ibrahim/ 5)
maksudnya: dengan nikmat nikmat allah atas mereka sebagaimana yg telah dijelaskan tafsirnya oleh Ibnu Abbas, Mujahid dan Qatadah. Dan hari kelahiran Nabi adalah nikmat dan karunia terbesar bagi seluruh alam. Itu keyakinan seorang Muslim, tidak ada keraguan padanya. Perayaan Maulid Nabi adalah bentuk pelaksanaan perintah Allah dan mengingat nikmat nikmat Allah.
3. Dari Abi Qatadah Al Anshari RA beliau berkata: Rasulullah pernah ditanya tentang puasa hari senen, beliau menjawab: hari Senen adalah hari dimana aku dilahirkan dan hari dimana aku di utus sebagai Nabi, atau hari pertama wahyu di turunkan kepadaku. ( Hadits riwayat Muslim).
Rasulullah menjelaskan bahwa sebab beliau berpuasa hari senen adalah karena itu merupakan hari kelahirannya, dan ini dalil bahwa hari kelahiran Nabi memiliki keistimewaan dari hari hari yg lain. Dan setiap muslim termotivasi untuk menambah pahala pada hari hari yg penuh berkah.
4. Dari Ibnu Abbas RA bahwasanya Rasulullah Saw ketika sampai di kota Madinah, mendapati penduduknya sedang berpuasa pada hari Asyura'. Mereka berkata ini merupakan ini hari yg mulia, hari dimana Allah Swt menyelamatkan Nabi Musa dari kejaran firaun dan menenggelamkan nya beserta tentara nya di laut merah. Maka Nabi Musa bersyukur kepada Allah SWT dengan berpuasa pada hari itu. Nabi bersabda: Saya lebih utama dari Nabi Musa, maka Nabi berpuasa dan memerintahkan umat nya berpuasa pada hari Asyura ( 10 Muharram) . Hadits riwayat Bukhari.
Wajhud dilalah dlm masalah ini: bahwa bersyukur kepada Allah pada hari tertentu atas nikmat yg diberikan atau mudharat yg dijauhkan meski berulang ulang setiap tahunnya adalah sesuatu yg di perbolehkan secara syariat. Dan nikmat terbesar adalah nikmat dilahirkan nya Nabi Muhammad saw pada hari tsb.
Karena itu hendaklah kita selalu mengingatkan diri kita dan saudara-saudara muslim kita yg lainnya utk wajib meneladani Rasulullah saw pada akhlaknya dan budi pekerti nya dan selalu mencontohi perkataan dan perbuatan nya.sebagai mana firman yg terdapat dalam surat al Ahzab /21
لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة لمن كان يرجو الله واليوم الآخر وذكر الله كثيرا



إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat atas Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya. (QS Al-Ahzab : 56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar