Blogger Widgets

me gif

me gif
me gif

21 Des 2015

Salawat Berupa Syair Disertai Terbangan

Salawat Berupa Syair Disertai Terbangan

coppas


Tema ini bagi sebagian orang akan dianggap bidah, karena tidak ada di masa Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama. Namun bagi kita diperbolehkan. Sebab masing masing rangkaiannya memiliki dalil yang boleh.
1. Melantunkan Syair Arab dengan berbagai wazannya adalah boleh. Dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim menegaskan Rasululah bersyair bahkan dengan suara keras.
2. Menabuh terbang adalah boleh, bahkan ada sahabat wanita yang menabuh terbang di depan Rasulullah dan Rasulullah tidak melarangnya (HR Abu Dawud, dinilai Sahih oleh Syaikh Albani)
3. Membaca Salawat yang disusun oleh selain Rasululullah adalah boleh, ada beberapa sahabat yang menyusun bacaan salawat selain dari Rasulullah.
Maka jika ketiganya dipadukan menjadi satu bentuk adalah boleh. Karena masing-masing rangkaiannya tidak ada yang dilarang. Bahasa Imam al-Ghazali dalam Ihya kurang lebih:
اذا لم يحرم الاحاد فمن اين يحرم المجموع
"Kalau satu persatu tidak terdiri dari sesuatu yang haram, lalu dari mana secara keseluruhan menjadi haram?"
* Diatas Bis PO Harapan Jaya Tulungagung-Surabaya, dari PPHM Ngunut. Di bis ini selalu terkenang perjalanan malam menuju rumah istri di tahun 2002....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar