Blogger Widgets

me gif

me gif
me gif

22 Des 2015

Keutamaan Umat Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Keutamaan Umat Baginda Rasulullah Muhammad SAW
1. Dijadikan Sebagai Sebaik-baik Umat
Allah swt. berfirman,
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang maruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. Mengenai ayat di atas, Rasulullah saw. bersabda, “Kalian menyempurnakan tujuh puluh umat, dan kalian adalah manusia-manusia terbaik dan termulia di sisi Allah.” (Tirmidzi, ibnu Majah)
sabda Rasulullah saw. “Allah memberiku apa yang tidak diberikan kepada para Nabi.” Sahabat bertanya, “apakah itu, ya Rasulullah?” jawab beliau, “Aku ditolong ketika takut, diberikan kepadaku kunci-kunci bumi, aku diberi nama Ahmad, Allah menjadikan tanah suci untukku, dan diciptakan sebagai sebaik-baik umat.” (Ahmad) demikianlah Allah memuliakan umat Muhammad saw. dengan gelar sebaik-baik umat, berada di atas derajat umat-umat lainnya. tentu Allah tidak memberikan gelar itu begitu saja, tetapi dengan syarat yang telah disebutkan di dalam ayat diatas, yaitu apabila umat ini melaksanakan tugas amar ma’ruf nahi mungkar, serta beriman kepada Allah swt.
Alhamdulillah kita dilahirkan menjadi umat nabi muhammad, akankah kita terus terlena dengan kemuliaan yang telah diberikan Allah kepada kita tanpa menjalankan tugas kita yaitu amar ma’ruf nahi mungkar.
2. Kedudukan Umat Muhammad saw. Membuat takjub Para Nabi
Diriwayatkan bahwa suatu ketika, Nabi Musa as. berdo’a, “ya ALLAH saya menjumpai di dalam lauh (kitab) umat yang bisa memberikan syafa’at dan dapat menerima syafa’at, maka jadikanlah umat tersebut sebagai umat saya” . Allah berkata, “itu adalah ummat Muhammad SAW”.
Musa berkata, “Ya ALLAH saya menjumpai di dalam kitab sebuah ummat yang dapat menghapus kesalahan dengan sholat 5 waktu maka jadikanlah ummat tersebut sebagai umat saya”,ALLAH SWT menjawab itu adalah umat Muhammad. Musa berkata, “Ya ALLAH saya menjumpai di dalam kitab sebuah ummat yang dapat membinasakan pihak-pihak yang mengajak kepada kesesatan sehingga mereka dapat membunuh Dajjal yang bermata sebelah, maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku,” Tuhan berkata, itu adalah umat Muhammad SAW.
Musa berkata, “ya ALLAH saya menjumpai di dalam kitab sebuah ummat yang dapat bersuci dengan air dan debu maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku,” Tuhan menjawab, itu adalah umat Muhammad SAW.
Musa berkata “Ya ALLAH saya menjumpai di dalam kitab sebuah umat yang melakukan shodaqoh dan memakan shodaqoh, adapun orang-orang terdahulu membakarnya dengan api, maka jadikanlah umat tersebut sebai umatku,” Tuhan menjawab, itu adalah ummat Muhammad SAW.
Musa berkata “Ya ALLAH saya menjumpai di dalam kitab sebuah umat yang apabila memiliki niat baik maka dicatat baginya satu kebaikan dan jika niat tersebut dilakukan maka dicatat baginya 10 hingga 700 kebaikan dan kelipatannya sedangkan jika mereka memiliki niat jelek maka hal itu tidak dicatat sama sekali dan jika niat jelek tersebut dilakukan maka akan dicatat baginya satu kejelekan, maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku,” ALLAH menjawab itu adalah umat Muhammad.
Musa berkata “Ya ALLAH saya menjumpai di dalam kitab umat yang masuk surga dan 70rb dari umat tersebut masuk surga tanpa hisab. Maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku,” ALLAH SWT menjawab, itu adalah ummat Muhammad…..
(Abu Laits Samarqandhi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar